HATI-HATI KANKER .!! BAGAIMANA SUPAYA BISA TERDETEKSI DINI? INI SOLUSINYA GUYS .


Kanker adalah kata yang sungguh menakutkan. Begitu mendengar kata itu yang terbayang adalah kematian, umur yang pendek, penderitaan panjang, tabungan terkuras habis. Bila memang menakutkan, apakah kita pernah berpikir untuk mencegahnya?

Bagaimanakah Cara Pencegahannya?

Mungkin yang terbayang adalah banyak makan sayur dan buah, hidup teratur, jagalah berat badan ideal, pantang merokok. Betul sekali dan kerjakanlah. Banyak yang tahu namun juga tak melakukannya dengan dalih pasrah dan berdoa sajalah. Itu kan kehendak Yang Di Atas. (tepok jidat).

Tahukah Anda kanker adalah penyakit kronis? Kanker tak muncul mendadak. Kanker muncul dari satu sel yang berkembang biak secara tak terkendali, dari sangatlah kecil, makin lama makin banyak, hingga membesar, dan umumnya setelah menimbulkan gangguan, barulah terdeteksi. Dan itu butuh waktu cukup panjang. Namun kenapa mereka yang terkena kanker umumnya terdeteksi di tahap yang lanjut?

Adakah terpikir apabila terdeteksi di awal, maka kanker dapat diatasi dengan tingkat ketahanan hidup yang tinggi? Dengan kata lain, kanker itu bisa dicegah dengan deteksi awal.

Janganlah Tunggu Tanda-tanda Kanker Muncul
kanker payudar'a Di Indonesia, 70% kanker terdeteksi di stadium lanjut. Hal semacam ini berlaku untuk sebagian besar kanker baik kanker payudar'a, paru, serviks dan lain-lain. Kenapa demikian? Karena masyarakat biasanya baru pergi ke dokter apabila ada keluhan hingga biasanya telah stadium lanjut. Atau jadi ada yang telah ada keluhan pun menghindari pergi ke dokter dengan alasan takut menghadapi kenyataan bila 'ada apa-apa'. Wow! Betapa menyedihkan pandangan seperti itu.

Bukankah bila segera tahu jadi bisa segera diambil tindakan yang tepat?

Kanker bisa dideteksi dini. Pemeriksaan deteksi awal memberikan keuntungan karena semakin dini terdeteksi maka makin tinggi tingkat ketahanan hidupnya bahkan bila terdeteksi dini jadi bisa diatasi tuntas dengan tindakan pembedahan. Dari segi biaya tes deteksi dini juga memberikan keuntungan karena semakin dini terdeteksi maka semakin kecil biaya yang diperlukan untuk penyembuhannya.

Semakin lanjut terdeteksi maka makin tinggi biaya yang dikeluarkan, belum lagi penderitaan yang dihadapi baik akibat penyakitnya ataupun akibat efek samping tindakan pengobatan.

Mendeteksi Awal Kanker
kanker payudar'a, kankerDeteksi dini kanker dapat dilakukan dengan kontrol skrining. Menurut Cancer Council Australia, prinsip pemeriksaan skrining untuk kanker adalah :

Dilakukan walaupun tanpa keluhan atau gejala karena jika terdeteksi awal jadi therapy akan lebih efektif.

Bertujuan untuk mengidentifikasi orang-orang mana yang dicurigai, yang memerlukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan ada atau tidaknya penyakit. Jadi tes skrining bukanlah untuk mendiagnosa, diperlukan kontrol lanjutan untuk mendiagnosa.

Kontrol skrining bertujuan untuk temukan kelainan sedini mungkin, misalnya untuk kanker serviks dengan papsmear bisa mendeteksi tahap pra-kanker, sedang untuk kanker payudar'a dengan mamografi bisa mendeteksi tahap kanker invasif secara dini.

Kontrol skrining harus memiliki akurasi yang cukup untuk mendeteksi penyakit pada tahap yang awal. Akurasi diukur dari sensitivitas dan spesifisitas.

Apa itu sensitivitas dan spesifisitas?

‘Sensitivitas’ menggambarkan kemampuan suatu tes untuk mengidentifikasi seorang menderita penyakit secara tepat misalnya proporsi orang yang menanggung derita penyakit yang hasil tes skriningnya positif. Tes dengan sensitivitas rendah bakal kehilangan kasus ini (orang yang berpenyakit) dan bakal menghasilkan angka negatif palsu yang tinggi (orang yang berpenyakit dikatakan bebas penyakit).

‘Spesifisitas’ menggambarkan kemampuan suatu tes mengidentifikasi orang yg tidak berpenyakit secara tepat. Tes dengan spesifisitas yang rendah bakal membuahkan angka positif palsu yang tinggi (orang sehat dikatakan tes positif).

Konsep tes skrining adalah seperti medical check up, yaitu dilakukan dengan cara teratur, berkala, tanpa tunggu ada keluhan.

Beberapa perusahaan memberi fasilitas medical check up untuk para karyawannya. Paket medical check up standard yang didapatkan biasanya meliputi pemeriksaan fisik (termasuk kontrol tekanan darah, berat dan tinggi badan, visus), pemeriksaan laboratorium darah lengkap, urin lengkap, x-ray dada.

Pertanyannya apakah paket medical check up standard itu memadai untuk deteksi dini kanker?

Untuk tahu lebih lanjut, ada baiknya mengetahui pula jenis-jenis kanker paling umum terjadi. Simak selengkapnya di artikel di bawah ini : Jenis Kanker Paling Kerap Terjadi & Pemeriksaannya.

Sumber : klikdokter. com
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.