AWAS, BERHENTILAH ANDA MELAKUKAN INI BAHAYA MENGINTAI AKIBAT TIDUR TAK TERATUR.

social-jet-lag-alasan-kita-tak-bersemangat-di-hari-senin

JADWAL tidur Anda mungkin saja tergantung sampai jam berapakah grup di Whatsapp Anda di ramaikan percakapan teman-teman Anda. Walaupun sesungguhnya waktu tidur Anda sama pentingnya dengan berapakah banyak waktu tidur yang Anda peroleh, kata peneliti dari Washington State University.

Ilia Karatsoreos, asisten profesor di departemen fisiologi integratif dan pengetahuan saraf, merubah siklus tidur dan bangun pada tikus percobaan, daripada waktu tidur normal. Mereka dapatkan kalau kwalitas tidur mereka buruk, sekalipun tak ada perbedaan dengan lama waktu mereka tidur.

Hewan yang digunakan dalam riset juga tunjukkan ada respon imun yang terganggu. Kondisi ini buat mereka cenderung mudah untuk diserang bermacam penyakit.

“Ketidakteraturan waktu tidur ini bisa berikan konsekuensi serius untuk kesehatan organisme, ” kata Karatsoreos.

Penelitian mengenai tidur hingga kini cuma semakin banyak berfokus pada efek dari kurang tidur atau jumlah waktu tidur manusia ataupun hewan. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Brain, Behavior and Immunity, ini lihat proses sirkadian, yakni jam badan yang dikendalikan otak untuk mengontrol irama berbagai system biologi.

Seperti dikutip dari Timesofindia, Jumat (4/9/2015), siklus ini diketahui dalam organisme yang hidup lebih dari 24 jam, termasuk tanaman dan organisme bersel tunggal. Riset mengenai sistem ini memiliki implikasi yang penting untuk kehidupan modern.

” Permasalahan jam sirkadian dihadapi oleh nyaris tiap-tiap orang-orang di jaman modern ini. Pemicunya beragam, mulai dari pencahayaan malam hari, kerja shift, jet lag, dan bahkan cahaya biru yang dipancarkan oleh hp dan tablet kita, ” para peneliti mencatat.

 (ren)
Share on Google Plus

About RAVEL BaB

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.