Waspada Sebelum Terlambat,Gejala Usus Buntu Mirip Gejala Maag

Usus buntu atau appendix vermiformis adalah organ yang ada pada tubuh manusia yang terdapat di sebelah kanan bawah rongga perut. Usus buntu berfungsi juga sebagai organ imunologik dan berperan aktif dalam sekresi immunoglobulin atau semacam suatu kekebalan badan yang berisi kelenjar limfoid.



Penyakit usus buntu atau dalam istilah kedokteran disebut appendicitis adalah akibat tersumbatnya muara usus buntu oleh berbagai hal seperti cacing, kotoran penderita yang mengering, biji jambu batu, biji cabe, tumor usus, dan lain sebagainya. Sumbatan tersebut meyebabkan produksi lendir usus buntu tidak tersalurkan ke usus besar, dan berakibat pada pembengkakan serta terjadinya infeksi di usus buntu. Dari namanya memanglah usus buntu cuma memiliki satu saluran pembuangan, yakni ke usus besar, jadi jika saluran itu tersumbat produksinya akan bertumpuk. Pembengkakan dan infeksi usus buntu mengakibatkan penyakit radang usus buntu yang bisa bersifat akut atau kronis

Usus buntu yang meradang kemungkinan besar akan pecah, hal semacam ini bisa mengancam kehidupan penderitanya. Apabila tak segera diatasi bakal menyebabkan pada pecahnya usus buntu dan berakhir dengan kematian. Banyak pasien penyakit usus buntu tak sadar bahwa sudah menanggung derita penyakit berbahaya itu karena gejala penyakit ini umumnya bisa di ketahui setelah penyakit itu telah parah.

Gejala usus buntu tergantung pada tingkat/stadium penyakit itu salah satunya :

Gejala Usus Buntu Akut

Dalam kondisi tersebut tubuh akan timbul panas tinggi, mual/muntah, nyeri perut kanan bawah, buat berjalan jadi sakit hingga agak terbongkok, walau demikian tak semua penderita bakal menunjukkan gejala usus buntu seperti ini, bisa juga hanya bersifat meriang, atau mual/muntah saja.

Gejala Usus Buntu Kronik

Pada tingkatan ini gejala usus buntu yang timbul sedikit mirip dengan sakit maag di mana terjadi nyeri samar di daerah sekitar pusar dan terkadang demam yang hilang timbul. Kerapkali disertai dengan rasa mual, bahkan juga kadang muntah, lalu nyeri itu bakal berpindah ke perut kanan bawah dengan tanda-tanda yang khas pada apendisitis akut yaitu nyeri pada titik Mc Burney.

Penyebab usus buntu dikarenakan terjadinya penyumbatan bagian dalam usus buntu, yang dikenal sebagai lumen hingga mengakibatkan tekanan meningkat, aliran darah terganggu, serta peradangan. Bila tak selekasnya diobati, ada kemungkinan radang usus buntu itu pecah dan memerlukan penanganan medis yang sangatlah serius seperti operasi usus buntu.

Bila telah berlangsung sumbatan total pada usus buntu maka harus selekasnya di operasi, jika sumbatannya tidak total dan tidak mengganggu aktivitas maka operasi masih dapat ditunda tetapi pasti peradangannya bakal berulang.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.