PENTING UNTUK DI BACA,!! JANGAN ISI ULANG Botol Plastik Bekas Air Minum! INI BAHAYANYA.

Banyak botol air minum yang terbuat dari plastik mencantumkan kode label yang menginformasikan apabila botol itu tak dianjurkan untuk di isi lagi. Hal sejenis ini perlu diperhatikan karena paket plastik yang disebut di buat hanya untuk sekali gunakan dan jangan sampai dipakai berulang-kali untuk wadah minuman.

Beberapa orang tak memahami dan tidak peduli dengan label itu. Umumnya label pada botol paket plastik itu berbentuk logo dan angka-angka yang memang sedikit di ketahui oleh beberapa orang juga sebagai customer. Dibawah ini beragam jenis type plastik yang butuh di ketahui

BERBAGAI MACAM PLASTIK

Umumnya plastik paket mempunyai kode sebagai berikut ini, serta pada paket berbentuk botol kode itu biasanya ada dibagian bawah.

1. PETE atau PET (polyethylene terephthalate) labelnya berupa angka 1 dalam segitiga umum dipakai untuk botol plastik yang transparan/tembus pandang seperti botol air mineral. Botol-botol dengan bahan ini direferensikan hanya untuk sekali pakai. Jangan sampai dipakai untuk menyimpan air hangat terlebih panas.

2. HDPE (high density polyethylene) labelnya berupa angka 2 dalam segitiga umum dipakai untuk botol susu yang berwarna putih susu. Direferensikan hanya untuk sekali penggunaan.

3. V atau PVC (polyvinyl chloride) labelnya berbentuk angka 3 dalam segitiga yakni plastik yang paling susah di daur lagi. Plastik ini dapat diketemukan pada plastik pembungkus (cling wrap), serta botol-botol. Kandungan dari PVC yakni DEHA yang ada pada plastik pembungkus dapat bocor dan masuk ke makanan berminyak jika dipanaskan. PVC punya potensi memiliki resiko untuk ginjal, hati dan berat tubuh.

4. LDPE (low density polyethylene) labelnya berbentuk angka 4 dalam segitiga umum dipakai untuk tempat makanan dan botol-botol yang lembek. Beberapa barang dengan berkode ini dapat di daur lagi dan baik untuk beberapa barang yang memerlukan fleksibilitas namun kuat. Barang ini bisa disebut tak dapat di leburkan namun selalu baik untuk tempat makanan.

5. PP (polypropylene) labelnya berbentuk angka 5 dalam segitiga yakni pilihan terbaik untuk bahan plastik terutama untuk yang terkait dengan makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terlebih botol minum untuk bayi. Karakteristik botol ini transparan yg tak jernih atau berawan.

6. PS (polystyrene) labelnya berbentuk angka 6 dalam segitiga umum dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dan lain-lain. Bahan Polystyrene bisa mengungkapkan bahan styrine ke pada makanan waktu makanan itu bersentuhan. Bahan Styrine memiliki resiko untuk otak dan sistem syaraf. Bahan ini mesti dijauhi dan banyak negara segi di Amerika sudah melarang penggunaan tempat makanan mempunyai bahan styrofoam termasuk negara China.

7. Other (biasanya polycarbonate) labelnya berupa angka 7 dalam segitiga bisa didapat ditempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga. Polycarbonate bisa mengeluarkan bahan intinya yakni Bisphenol-A ke pada makanan dan minuman yang mempunyai potensi mengakibatkan kerusakan sistem hormon.

Lalu mengapa botol plastik bekas air mineral tidak dapat di isi lagi? Karena botol minuman itu biasanya mempunyai loabel PET atau PETE dengan logo segitiga dengan angka satu di dalamnya.

Di sini kita akan membahas lebih jauh perihal plastik polyethylene terephthalate (PETE atau PET) dan kemungkinan bahayanya. Menurut American Chemistry Council, PETE telah dinyatakan aman oleh FDA dan International Life Science Institute (ILSI). Namun American Chemistry Council memperingatkan bahwa product yang di buat dari PET hanya dapat digunakan sekali pakai.
 
 Studi yang dikerjakan beberapa waktu terakhir perlihatkan bahwa penggunaan ulang botol yang terbuat dari PET nyatanya memiliki resiko. Dijumpai bahwa PET bersamaan berjalannya saat bakal luruh dan meresap ke pada minuman waktu botol itu di pakai lagi. Racun yang dimaksud DEHA ini bisa dibuktikan dapat menyebabkan permasalahan di hati, permasalahan kelenjar endoktrin, kesusahan mendapatkan keturunan, dan dicurigai bisa menyebabkan kanker pada manusia. Karenanya, yang paling baik yakni mendaur lagi botol-botol ini, jangan sampai memakainya berulang-kali.
Mulai sekarang ini, anda yang miliki kebiasaan menggunakan botol sisa air mineral untuk wadah air minum sebaiknya tinggalkan kebiasaan terebut. Waktu air mineral yang anda beli telah habis diminum, remaslah botolnya dan buanglah di tempat sampah. Bentuk botol yang sederhana dan ringan memanglah menarik untuk dijadikan wadah air minum, tetapi bahaya yang mengancam jauh lebih mengerikan.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.