Kerap Dianggap Tanaman Liar, Putri Malu Ternyata Kaya Manfaat Satu Diantaranya Mengatasi Batuk Berdahak Sampai Insomnia.

Tanaman ini adalah salah satu tanaman unik yang mungkin saja tumbuh di sekitar halaman rumah Anda.
Apabila tersentuh sesuatu, daun-daunnya akan mengatup sendiri. Tanaman bernama putri malu ini banyak kita temui di tanah kosong atau di pinggir-pinggir jalan.
Awas, walau namanya putri malu tanaman ini berduri tajam seperti tanaman mawar.
Putri malu atau Mimosa pudica di barat dikenal dengan sebutan cemara kecil (small evergreen). Tanaman ini memiliki sebagian nama panggilan, touch-me-not, dan sensitive plant.
Namun tahukah Anda bahwa tanaman putri malu bisa mengobati bermacam penyakit?
Ya, putri malu mempunyai kandungan tanin, mimosin, asam pipekolinat, dimana zat-zat itu bisa dipakai membuat perlindungan kesehatan.
Tanin sering dipakai sebagai obat peradangan dan keputihan dan bisa digunakan untuk membantu melangsingkan tubuh.

Mimosin adalah zat kimia yang mempunyai kandungan zat aktif satu diantaranya nitrogen, oktigen, hidrogen, carbon dan sulfur. Zat-zat itu sangat bermanfaat untuk tubuh.
Diantara manfaat putri malu diantaranya :
  
Perhatian Untuk Wanita Hamil Tidak Di Anjurkan

1. Berguna untuk obat batuk berdahak
Caraya, rebuslah 10 sampai 15 gr akar tumbuhan putri malu, lantas diminum.
 
2. Mengatasi permasalahan Insomnia (susah tidur)
Langkahnya, cukup rebus 30 sampai 60 gr daun putri malu, lantas diminum.

3. Menyembuhkan Bronchitis Kronik
Bronchitis Kronik atau penyakit permasalahan pada paru-paru adalah penyakit ganas. Untuk mengobatinya rebuslah 60 gr putri malu dengan air beberapa 600cc, di rebus dengan api kecil biarlah hingga airnya tersisa kurang lebih 200cc, dan minumlah airnya 2 kali pada pagi serta sore hari.
 
4. Berguna untuk penyakit Herpes
Langkahnya, ambil dan bersihkan daun putri malu sekedarnya. Rebus dengan air menggunakan panci stainless hingga mendidih, lantas gunakan rebusan air itu untuk mandi dan basuhkan bagian-bagian tubuh yang terserang virus.
Tersebut sederet faedah tanaman putri malu untuk kesehatan, yang dilansir dari tipssehat99. tk.
Jadi, mulai saat ini janganlah sekadar menganggap tanaman ini juga sebagai tanaman liar, namun cobalah khasiatnya untuk kesehatan Anda. Mudah-mudahan bermanfaat. (*)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.