Kunyah Permen Karet 10 Menit, Jutaan Bakteri di Mulut Musnah,Ini Penjelasannya.


Menggosok gigi adalah hal terpenting dalam upaya bersihkan gigi. Di samping itu terdapat banyak alternatif tambahan untuk membuat ara gigi dan mulut semakin bersih. Satu diantaranya kunyah permen karet bebas gula.

Cukup hanya kunyah permen karet bebas gula selama 10 menit diperkirakan kian lebih 100 juta bakteri terperangkap dalam permen karet itu.

Jumlah itu sebenaranya hanya sebagian kecil dari seluruhnya bakteri yang ada di mulut. Tetapi pengurangan jumlah itu sangatlah penting guna kurangi gigi berlubang, gusi sehat dan napas lebih segar.

Hal semacam ini dapat berlangsung karena saat kunyah permen karet akan merangsang produksi air liur. Air liur ini adalah antimikroba yang bekerja membunuh bakteri di mulut serta melindungi jarigan gusi terus sehat seperti di sampaikan penulis studi Stefan Wessel seperti dilansir Men's Health, Minggu (1/3/2015).

Riset lain juga mendukung apa yang dihasilkan dari penelitian dari Belanda ini. " Terdapat beberapa topik penelitian tentang topik ini, dan tampaknya permen karet menguntungkan untuk mengurangi bakteri di mulut, " terang dekan University of Pennsylvania School of Dental Medicine, Denis Kinane.

Hal yang butuh diingat adalah permen karet yang dipakai bebas gula. " Permen kareta biasa menghasilkan asam yang bakal melemahkan gigi, sedangkan permen karet bebas gula tidak akan memicu reaksi itu, " terang dokter Kinane.

Tetapi, aktivitas usaha tambahan lain seperti dental floss (benang gigi) tetap lebih baik dibanding membersihkan gigi menggunakan permen karet bebas gula. Dental floss membersihkan sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Sementara kunyah permen karet bersihkan hanya pada bagian sisi terluar gigi.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.